Minggu, 10 Juli 2011

Job Interview Preparation

Bekal Menghadapi Wawancara (Job Interview Preparation)
Ketika panggilan untuk wawancara datang, maka rasa senang dan cemas akan datang bersamaan. Senang karena peluang untuk segera memperoleh pekerjaan mulai terbuka, cemas karena tidak tahu bagaimana saat menghadapi wawancara nanti. Sebenarnya Anda tidak perlu cemas, yang penting Anda harus mempersiapkan diri menghadapi wawancara nanti.
Hal-hal yang perlu dipersiapkan antara lain :
1. Mencari Informasi Seputar Perusahaan
Mencari tentang perusahaan di mana Anda melamar sangat penting artinya bagi Anda. Selain akan membantu ANda dalam menjawab pertanyaan pada saat wawancara, sekaligus untuk meyakinkan bahwa Anda tidak salah memilih perusahaan tersebut. Perihal perusahaan yang perlu Anda tahu adalah;
a. Seberapa besar perusahaan tersebut.
b. Berapa lama perusahaan berada di bisnis tersebut
c. Status perusahaan, publik atau swasta ?
d. Apakah perusahaan merupakan bisnis keluarga ?
e. Standar gaji karyawan di perusahaan tersebut
2. Persiapan Penampilan
Bicara masalah penampilan, kita bicara tentang kesan pertama. “Kesan pertama begitu menggoda, selanjutnya terserah Anda” begitu kata sebuah iklan parfum. Kesan pertama memang sangat mempengaruhi keputusan prerekrut. Bahkan seorang pewawancara bisa membuat keputusan diterima atau tidaknya pelamar dalam lima menit pertama. Penampilan mencerminkan kepribadian. Penampilan berkaaitan juga dengan level pekerjaan. Semakin tinggi level pekerjaan, semakin kritis penampilan dievaluasi. Aspek utama dari penampilan adalah pakaian. Oleh karena itu, gunakan pakaian yang rapi dan sopan, pilih warna yang elegan dan sesuaikan dengan posisi serta perusahaan yang Anda lamar. Termasuk dalam aspek penampilan adalah potongan rambut, pilih potongan rambut yang sesuai dengan kepribadian Anda.
3. Bahasa Tubuh
Ketika pertama kali bertemu perekrut, usahakan bahasa tubuh Anda memperlihatkan bahwa Anda antusias dan berenergi. Hal tersebut dapat dimulai dengan kontak mata dan jabatan tangan yang hangat, untuk hal ini Anda bisa melakukan latihan. Aspek bahasa tubuh lainnya yang perlu diperhatikan adalah sikap duduk dan ekspresi. Sikap duduk Anda sebaiknya menyesuaikan dengan sikap duduk pewawancara. Namun jika pewawancara merubah sikap duduknya menjadi agak santai, usahakan Anda tetap serius, jangan kelihatan Anda santai. Kemudian ekspresi. Tunjukan ekspresi positif ketika wawancara seperti gembira, percaya diri dan bersemangat. Sebaliknya hindari ekspresi negatif seperti kurang percaya diri, takut, cemas, sendu, dan sebagainya.

4. Menjawab Pertanyaan

Tidak bisa dipungkiri bahwa hal yang paling menakutkan adalah ketika Anda harus menghadapi pertanyaan dari pewawancara. Penyebabnya adalah karena Anda kurang percaya diri. Untuk mengatasi hal tersebut, maka hal pertama yang harus dimiliki adalah bahwa posisi Anda dan perusahaan sama tinggi. Dengan demikian Anda akan memiliki percaya diri yang cukup sehingga akan memperlancar Anda dalam menjawab pertanyaan. Pilih kata-katanya, sampaikan secara sistematis dan mengalir. Sebagai bekal utama dalam menjawab pertanyaan, tentunya Anda harus banyak belajar dengan cara membaca hal-hal yang berkaitan dengan kompetensi dan pekerjaan yang Anda lamar.

5. Negosiasi Gaji

Meskipun ini adalah hak Anda, namun negosiasi gaji itu ada etikanya. Jangan pernah masuk ke perbincangan masalah gaji, jika pewawancara belum menanyakan. Apabila pewawancara sudah menanyakan, berhati-hatilah dalam menjawab. Jika Pewawancara menanyakan berapa gaji yang Anda inginkan ? Mungkin jawaban yang paling aman adalah sesuai dengan standar di perusahaan ini. Namun jika pewawancara menginginkan Anda menyebutkan nominalnya, maka sebutkanlah sesuai dengan yang Anda inginkan dengan catatan :
a. Sesuaikan dengan kompetensi yang Anda miliki
b. Anda telah mengetahui standar gaji di perusahaan tersebut sebagaimana      langkah 1 point e sebagaimana tersebut di atas.
(bmc)



-------------------------------------------------------------------------
---------------------------------------

Mari terbang bersama PSPP Penerbangan
Raih impian dan masa depanmu disini..!!

PSPP Penerbangan membuka pendaftaran kelas baru!

Syarat Masuk
1. Lulusan SMU/SMK/ Sederajat sampai dengan S1
2. Tinggi badan minimal putri= 160 cm, putra 165 cm
3. Usia maksimal 23tahun
4. Berbadan sehat
5. Mengisi formulir pendaftaran

Menyerahkan :
1.Foto berwarna setengah badan 4×6, 2 lembar, dan Foto berwarna seluruh badan, 2 lembar
2.Biaya Pendaftaran Rp. 200.000,
3.Lulus tes seleksi masuk PSPP PENERBANGAN

Bagi siswa-i yang melakukan pendaftaran online :
1.Melakukan pendaftaran online di http://pspp-penerbangan.ac.id/index.php?&id=93&grup=pendaftaran
2.Transfer biaya pendaftaran sebesar 200rb ke Bank BRI 0098 0104 2303 508 an Budiwan Suryo Danarto
3.Mengirim file foto berwarna setengah badan 4x6, 2 lembar dan foto berwarna seluruh badan, 2 lembar ke email pspplampung@yahoo.com.
4.Mengirim file scan surat sehat dari dokter
5.Mengirim file scan KTP dan Kartu Keluarga
6.Mengikuti tes ujian online
7.Melakukan tes interview via telepon(jadwal interview koordinasi dengan bagian akademik PSPP Penerbangan 0721-772277)

Info & Registrasi
HOTLINE : 0721-772277
PIN BB : 31038F87 / HP 0856 4378 5502 (Kak Diyan )

0 komentar:

Posting Komentar

Masukkan komentar anda disini.

Blogger Themes